Heboh Video Gemuruh Mirip Terompet Terdengar di Langit Jakarta, Apa Ya?


Ada fenomena menarik pagi ini di Jakarta. Terdengar suara gemuruh mirip suara terompet dari langit Jakarta. Suaranya mirip suara terompet yang tengah ramai diperbincangkan, bergemuruh dan tak jelas dari mana asalnya.

Sejumlah pembaca melaporkan dan mendengar langsung fenomena itu, suara gemuruh tersebut, yang terdengar sekitar pukul 06.00-07.00 WIB, di wilayah Condet, Jakarta Timur, Jumat (11/9/2015).

Suara gemuruh itu terdengar seperti suara pesawat terbang hendak landing namun suaranya berbeda. Saat suara pesawat terbang lewat pun suara itu masih terdengar. Jelas suara ini berbeda dengan suara pesawat.

Suara tersebut terdengar keras selama beberapa detik, kemudian pelan dan keras lagi selama beberapa detik dan siklusnya seperti itu selama sekitar satu "Beberapa waktu lalu juga terdengar seperti itu, mungkin suara angin kencang di atas," kata Aldi saat berbincang dengan detikcom.

Lalu fenomena apa sebenarnya itu?

Fenomena aneh yang mirip dengan hal itu nyatanya sudah pernah terjadi selama beberapa tahun belakang yaitu sejak 2008 di negara bagian California dan Texas hingga Negeri Kanguru. Situs StrangeSounds.org bahkan mengumpulkan sekitar 150 video rekaman suara aneh yang kerap terjadi tersebut.

Para ilmuwan mengatakan suara tersebut bisa berasal dari bencana alam seperti gempa bumi, gelombang air pasang, sampai ledakan gas metana. Sementara itu, peneliti dari U.S. Geological Survey, David Hill menuturkan, gempa bumi kecil di bawah permukaan Bumi bisa memancarkan suara yang berasal dari pecahan kerak Bumi, atau terpancar dari meteor.

Ada teori lain dari analisis program riset pemerintah AS High Frequency Active Auroral Research Program (HAARP) menyatakan suara itu berasal dari pengaruh dari lini daya listrik, radiasi elektromagnetik, tekanan tinggi gas, dan jalur komunikasi perangkat nirkabel.

Silakan dengarkan video rekaman suara tersebut.